Surabaya, 13 Mei 2024 – Belajar merupakan kewajiban yang harus dijalankan oleh semua pelajar. Tetapi, banyak siswa/siswi yang sering merasa bosan dengan sistem belajar yang diadakan di dalam kelas. Karena mereka merasa terlalu jenuh untuk terus membaca tulisan yang ada di buku tulis dan juga papan tulis. SMA Negeri 18 Surabaya mencari cara agar siswa/siswi nya tidak terlalu merasa bosan saat melakukan pembelajaran. SMA Negeri 18 Surabaya mengajak siswa/siswi nya untuk belajar di luar sekolah, dengan mengadakan kegiatan Belajar Luar Sekolah (BLS). BLS ini merupakan kegiatan pembelajaran yang dipilih sekolah untuk menambah wawasan siswa/siswi mengenai lingkungan baru serta suasana baru dalam kegiatan belajar serta menambah ilmu.

Kegiatan BLS ini diadakan di dua waktu yang berbeda. Pada hari Kamis, 25 April 2024 siswa/siswi SMA Negeri 18 Surabaya kelas 10 tahun ajaran 2023/2024 mengadakan kegiatan BLS di lokasi Taman Safari, Prigen, Pasuruan. di kegiatan BLS kelas 10 ini, mereka belajar mengenai fauna hidup serta fosil fauna yang ada di Taman Safari, Prigen, Pasuruan. Mereka tidak hanya diberikan waktu untuk belajar, tetapi mereka juga diberikan kesempatan untuk bermain wahana yang ada disana.

Pada kesempatan ke dua, SMA Negeri 18 Surabaya mengajak siswa/siswi kelas 11 tahun ajaran 2023/2024 untuk mengunjungi wilayah Jogjakarta, dengan destinasi :

P.G. Madu Kismo

Disana mereka belajar mengenai proses pembuatan gula serta alkohol secara langsung, siswa/siswi juga mempunyai kesempatan untuk berkeliling ke dalam pabrik pembuatan gula madu kismo. selain melihat proses pembuatan gula dan alkohol secara langsung, siswa/siswi juga di ajak untuk memlihat proses pengolahan limbah pabrik yang dihasilkan selama proses produksi.

2. Candi Prambanan

Tujuan ke 2 adalah Candi Prambanan, di Candi ini mereka belajar mengenai sejarah terbentuknya Candi Prambanan dan juga mereka belajar tentang Kerajaan Mataram.

3. Malioboro dan Pusat Oleh-Oleh

Setelah mereka belajar di dua destinasi tersebut mereka diberikan kesempatan untuk membeli oleh-oleh untuk orang terdekatnya.

4. Gua Pindul

Goa Pindul merupakan salah satu goa yang ada di Jogjakarta. Destinasi ini bertujuan untuk siswa/siswi SMA Negeri 18 Surabaya belajar menyatu dengan alam.

5. Pantai Kukup

Pantai Kukup merupakan destinasi terakhir kunjungan BLS ini. Setelah mereka lelah mencari oleh-oleh, mereka bisa menikmati senja di Pantai Kukup yang indah ini.

Itulah kegiatan BLS yang diadakan oleh SMA Negeri 18 Surabaya pada tahun ajaran 2023/2024. Dengan ini sekolah berharap siswa/siswi tidak merasakan bosan saat pembelajaran. Karena ilmu tidak selalu didapatkan di dalam kelas, ilmu juga bisa didapatkan dari tempat baru dan lingkungan baru.