Surabaya, 20 Juni 2024. SMA Negeri 18 Surabaya kembali menggelar pameran P5, terdapat enam tema umum yang bisa digunakan dalam P5. Mulai dari Gaya Hidup Berkelanjutan; Kearifan Lokal; Bhineka Tunggal Ika; Bangunlah Jiwa Raganya; serta Rekayasa dan Teknologi. Pada Semester genap ini, SMAN 18 Surabaya membuat gelar karya dengan tema Kearifan Lokal untuk kelas XI dan Kewirausahaan untuk kelas X. Pagelaran budaya P5 menampilkan berbagai macam penampilan dari berbagai daerah di Indonesia seperti Aceh, Bali, DKI Jakarta, Maluku, Makassar, Sulawesi Selatan, dan sebagainya. Beragam penampilan adat dari Sabang sampai Merauke ditampilkan oleh siswa-siswi kelas XI secara bergantian. Siswa-siswi menunjukkan hasil kreativitas mereka melalui ide penampilan, makanan khas, bakat melalui tarian, musik dan pertunjukan budaya yang juga menggambarkan kekayaan budaya di Indonesia.

Pada pelaksanaannya, acara dimulai dengan pembukaan oleh Ibu Kasminah, S.Pd selaku Kepala SMA Negeri 18 Surabaya. Acara dilanjutkan dengan penampilan peragaan busana daerah dan penampilan kreativitas seni dari para siswa kelas XI. Pada kelas X di tema Kewirausahaan, siswa menjual berbagai menu makanan dan minuman sehat hingga makanan dan minuman viral di internet dengan harga yang relatif terjangkau di kantong siswa SMAN 18 Surabaya. Para peserta didik kelas X sangat menunjukkan antusiasnya dengan cara mendesain kelas sesuai dengan tema yang sudah didapatkan. Nampak juga di depan panggung, berbagai stand dari para siswa kelas XI yang di desain sesuai dengan tema adat masing – masing yang sudah didapatkan, dalam rangka pengenalan dan pengembangan kearifan lokal di berbagai daerah di Indonesia. 

Dengan adanya kegiatan gelar karya P5 hari ini merupakan salah satu bukti nyata sekolah untuk menumbuhkan jiwa kearifan lokal dan kewirausahaan bagi peserta didik. Kegiatan ini juga memberikan nilai karakter yang kuat bagi peserta didik yang lebih komunikatif, kreatif, kolaboratif, jujur, dan disiplin. Selain itu, Gelar Karya P5 memberikan ruang bagi siswa untuk menunjukkan kreativitas dan inovasi siswa dalam menyelesaikan proyek. Siswa juga belajar untuk bertanggung jawab atas proyek dan bekerja secara kelompok maupun secara mandiri untuk menyelesaikannya. Dengan adanya P5 ini diharapkan peserta didik SMAN 18 Surabaya dapat menggali dan mengembangkan potensinya sesuai karakteristik masing  – masing siswa yang berkarakter dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai pancasila.